Thursday, April 24th, 2014

[RENUNGAN] Rabu, 4 maret 2009

0

Bacaan Injil   : Lukas 11:29-32


Saudara-saudara, orang-orang Ninive serentak langsung bertobat ketika mendengar seruan Yunus bahwa dalam empat puluh hari Ninive akan ditunggangbalikkan. Apa yang istimewa dari kata-kata Yunus? Siapakah dia? Apakah ada bukti bahwa Ninive akan ditunggangbalikkan? Tanpa banyak bertanya, tanpa banyak protes mereka langsung percaya pada seruan itu dan melakukan aksi pertobatan mulai dari rakyat biasa sampai raja.


Sementara itu dalam Injil kita mendengar bahwa orang-orang menuntut suatu tanda dari Yesus, tetapi Yesus tidak mau menunjukkan tanda selain tanda Nabi Yunus. Mengapa orang-orang pada zaman Yesus tidak bisa bersikap seperti orang-orang pada zaman Yunus? Bukankah Yesus jauh lebih besar daripada Yunus? Bukankah yang dilakukan Yesus jauh lebih besar daripada Yunus? Yunus hanya berseru dan orang-orang sudah percaya; sementara Yesus mengajar dan melakukan banyak mujizat, tetapi orang-orang masih menuntut tanda darinya. Inilah sikap orang yang kurang percaya!


Iman dan pertobatan tidak bisa dipaksakan. Ada orang yang melihat hal yang tampaknya kecil/sederhana, tetapi langsung membawa dia kepada pertobatan dan iman. Ada orang yang walaupun sudah mengalami peristiwa luar biasa dalam hidupnya, toh tetap tidak mau bertobat dan percaya. Maka, dalam masa prapaskah ini, yang dituntut adalah keterbukaan hati untuk mendengarkan sapaan Tuhan dalam hidup kita sehari-hari, baik lewat hal-hal yang besar maupun hal-hal yang kecil di sekitar kita. (fr. kurniawan, cm)


About Rm. Sebastianus W

Rm. Bastian, CM Rm. Sebastianus W. Bu'ulölö, CM biasa dipanggil Rm. Bastian. Imam Kongregasi Misi (CM). Dlahirkan di Teluk Dalam - Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Formator untuk calon imam di Seminari Menengah St. Vincentius a Paulo - Keuskupan Surabaya yang terletak di Garum - Blitar, Jawa Timur. Pemilik blog http://diamsejenak.com. Untuk hal lain, kontak via E-mail: bastiancm@diamsejenak.com; Twitter: @diamsejenak; Facebook: http://www.facebook.com/Romo.Sebastian.CM


Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!