Wednesday, August 20th, 2014

[RENUNGAN] Senin, 10 September 2012

0

Bacaan: 1Kor. 5:1-8; Mzm. 5:5-6,7,12; Luk. 6:6-11

Renungan:

 

Pada beberapa kesempatan saya mengajak berbagai kelompok untuk bermain “Roket Menuju ke Bulan”. Dalam permainan itu satu kelompok menjadi tim penjelajah yang terdiri dari bulan, roket, pilot dan ada kelompok meteor yang bertugas mengganggu perjalanan roket ke bulan. Setelah satu babak permainan, mereka diminta untuk bergantian peran. Dan biasanya apa yang terjadi? Umumnya ketika kelompok penjelajah berganti peran menjadi kelompok meteor, kelompok ini akan lebih kejam mengganggu dan sangat berusaha menggagalkan kelompok yang bertugas sebagai tim penjelajah.

 

Dalam Injil dikisahkan, “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia”. Mereka berusaha memasang perangkap bagi Yesus, sehingga pada saat Yesus berbuat salah mereka mempunyai kartu kunci untuk menyalahkan dan membawaNya pada hukuman. Kita sering terjebak pada kondisi ingin menjebak orang lain agar jatuh pada kesalahan dan gagal menjalankan tugasnya. Jika kita merasa pernah disakiti, maka ketika ada kesempatan bisa menyakiti seringkali tindakan kita bisa lebih kejam dibandingkan ketika kita disakiti (bdk permainan Roket Menuju ke Bulan).

 

Banyak jebakan yang mungkin akan kita alami dan mungkin saja jebakan tersebut akan menggagalkan pencapaian tujuan hidup kita. Banyak pula jebakan yang menuntun kita untuk balas dendam. Agar kita tidak terperangkap dalam jebakan-jebakan tersebut kita harus selalu mengingat arah dan tujuan hidup kita. Yesus memilih berbuat baik dan menyelamatkan orang, sekalipun kadang harus bertentangan dengan peraturan. (mirifica.net)


About the author

Rm. Bastian, CM Rm. Sebastianus W. Bu'ulölö, CM biasa dipanggil Rm. Bastian. Imam Kongregasi Misi (CM). Dlahirkan di Teluk Dalam - Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Formator untuk calon imam di Seminari Menengah St. Vincentius a Paulo - Keuskupan Surabaya yang terletak di Garum - Blitar, Jawa Timur. Pemilik blog http://diamsejenak.com. Untuk hal lain, kontak via E-mail: bastiancm@diamsejenak.com; Twitter: @diamsejenak; Facebook: http://www.facebook.com/Romo.Sebastian.CM


Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!