Friday, April 25th, 2014

[RENUNGAN] Senin, 3 November 2008

0

Bacaan: Lukas 14:12-14

“Mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya” adalah harapan yang kita temukan dalam dunia bisnis. Apa pun yang diperbuat selalu memperhitungkan untung dan rugi. Rupanya, sadar atau tidak sadar, semangat dunia bisnis ini telah merasuki aneka dimensi hidup kita, bahkan dimensi rohani kita. Misalnya, kita memberi bantuan  kepada orang lain agar mendapatkan pujian.

Semangat pamrih sangat rentan melanda siapa saja dari antara kita. Karena itu, Yesus memberi nasihat kepada tuan rumah yang mengundang-Nya ke dalam pesta agar menjauhkan diri dari semangat pamrih. Yesus menasihatkan mengenai siapa saja yang harus dia undang ketika mau mengadakan pesta. Dia hendaknya tidak mengundang keluarga, sahabat dan kenalan yang kaya karena mereka akan membalasnya dengan mengundangnya juga untuk ikut serta dalam pesta mereka. Lantas siapa yang diundang? Orang-orang yang perlu diundang adalah orang-orang miskin yang tidak mampu memberi balasan seperti apa yang bisa dibuat oleh orang kaya. Balasan itu akan diterima dari Allah sendiri.

Dalam nasihat kepada tuan rumah itu, Yesus mengajaknya untuk hidup dalam kemurahan hati dan kepedulian tanpa pamrih terhadap siapa saja terutama orang miskin seperti Allah bermurah hati dan peduli dengan manusia karena cinta-Nya. Tuhan pun mengundang kita hari ini untuk belajar bermurah hati dan peduli dengan siapa saja terutama yang miskin. Dalam segala tindakan kita, kita perlu bertanya: “Apakah motivasi yang menggerakkan aku dalam mengerjakan kebaikan ini kepada orang lain? (fr. bastian-wawan, cm)


About Rm. Sebastianus W

Rm. Bastian, CM Rm. Sebastianus W. Bu'ulölö, CM biasa dipanggil Rm. Bastian. Imam Kongregasi Misi (CM). Dlahirkan di Teluk Dalam - Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Formator untuk calon imam di Seminari Menengah St. Vincentius a Paulo - Keuskupan Surabaya yang terletak di Garum - Blitar, Jawa Timur. Pemilik blog http://diamsejenak.com. Untuk hal lain, kontak via E-mail: bastiancm@diamsejenak.com; Twitter: @diamsejenak; Facebook: http://www.facebook.com/Romo.Sebastian.CM


Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!